Tahukah Anda bahwa Biro Perlindungan Keuangan Konsumen melakukan hal tersebut 81.500 pengaduan tentang penagihan utang setiap tahun– dan 25% konsumen merasa terancam oleh penagih utang?
Jika Anda kehilangan pekerjaan, menghadapi pengeluaran tak terduga, atau kurang beruntung, tidak sulit untuk terjerumus ke dalam lubang finansial. Menurut Bankrate, hampir satu dari tiga orang mempunyai sejumlah tabungan darurat yang disimpan pada tahun 2023, namun jumlah tersebut tidak cukup untuk menutupi pengeluaran selama tiga bulan. Sementara itu, hanya 22%, atau sekitar satu dari empat orang dewasa di AS yang mengatakan mereka tidak memiliki tabungan darurat sama sekali. Jadi, mudah untuk melihat bagaimana orang bisa mendapat masalah.
Jika Anda terlambat membayar tagihan dan diburu oleh penagih tagihan, inilah yang harus dilakukan.
Jangan Hanya Mengabaikan Penagih Tagihan
Meskipun menghadapi panggilan berulang kali dari penagih utang bisa jadi menjengkelkan – terutama jika Anda tidak mampu membayarnya saat ini – mengabaikannya bukanlah respons yang tepat. Nilai kredit Anda bisa anjlok jika Anda mengabaikan — alih-alih berinteraksi dengan — penagih tagihan.
Jadi, yang terbaik adalah menghubungi penagih utang – tetapi lakukan dengan benar agar tidak memperburuk keadaan.
Lebih Banyak Mendengarkan Daripada Berbicara
Saat mengangkat telepon dan berbicara dengan penagih tagihan, berhati-hatilah jika berbicara terlalu banyak dan terlalu sedikit mendengarkan. Dikatakan bahwa manusia mempunyai dua telinga dan satu mulut, karena mereka harus mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara. Ini adalah aturan praktis yang baik ketika berurusan dengan penagih utang.
Selama diskusi awal, dengarkan kolektor tagihan Anda dan dengarkan mereka. Namun jangan memberikan informasi apa pun selain mengonfirmasi nama Anda. Meminta agar komunikasi lebih lanjut dilakukan melalui surat dan bukan melalui telepon. Merekam percakapan telepon juga merupakan ide bagus. Ini akan bermanfaat bagi Anda jika situasi yang dia katakan terjadi.
Minta Informasi Hutang
Penagih tagihan secara hukum diwajibkan untuk memberi Anda rincian tentang utang yang mereka hubungi. Anda memerlukan informasi tentang siapa yang berutang, siapa krediturnya, jumlah utangnya, dan cara menyengketakan utang tersebut jika Anda punya alasan untuk melakukannya. Sekali lagi, mintalah semuanya secara tertulis.
Bicaralah dengan Pengacara Kebangkrutan
Berbicara dengan pengacara kebangkrutan tidak selalu berarti mengajukan kebangkrutan. Seorang profesional hukum dapat membantu Anda menilai situasi Anda, mempertimbangkan pilihan, dan membuat pilihan yang tepat.
Seorang pengacara kebangkrutan dapat membantu Anda menangani penagih tagihan dengan cara yang benar. Profesional hukum akan memberi tahu Anda apa yang boleh dan tidak boleh Anda katakan. Anda akan lebih percaya diri menghadapi penagih utang yang menggunakan taktik intimidasi dan curang.
Jika pengacara kebangkrutan merekomendasikan pengajuan kebangkrutan, Anda dapat mengajukan pertanyaan sebanyak yang diperlukan. Misalnya pengajuan akan memaksa penagih tagihan untuk menghentikan pengejaran mereka karena kebangkrutan memaksa mereka meninggalkan Anda sendirian. Pengajuan bukanlah akhir dari dunia. Faktanya, ini dapat membantu Anda mengatasi masalah utang dan mendapatkan kesempatan hidup baru. Melepaskan hutang yang segunung bisa berdampak seperti itu.
Berjuang dengan hutang sudah cukup untuk meningkatkan tingkat stres seseorang. Ini dapat menempatkan Anda di tempat yang gelap dan membuat Anda bertanya-tanya apakah ada cahaya di ujung terowongan. Segalanya bisa menjadi lebih buruk jika ada penagih tagihan yang memburu Anda berkali-kali setiap hari — bahkan di akhir pekan.
Jika Anda bergelut dengan utang dan tidak suka berurusan dengan penagih tagihan, tips berikut ini dapat membantu Anda menjinakkan si elang laut utang alih-alih membiarkannya membebani Anda seperti jangkar. Jangan ragu untuk menghubungi pengacara jika Anda membutuhkannya — ini mungkin panggilan telepon terbaik yang pernah Anda lakukan.